HoraS

Blog ini dibuat untuk umum yang bertujuan untuk memperkenalkan asal penulis yaitu samosir. Disini pembaca bisa melihat dan mengetahui bagaimana dan apa yang ada di samosir.

Si penulis blog ini yang nama lengkapnya Lamris Pandiangan,anak bungsu (siappudan/bahasa bataknya) dari 3 bersaudara, lahir di sebuah pedesaan yang bernama desa Pananggangan tepatnya di huta Sitahuru . Desa ini masih tergolong desa tertinggal dan jaraknya dari pantai kira-kira 10 km. Saya hidup bersama mama tersayang boru nainggolan beserta dua kakak saya setelah bapak tercinta dipanggil Yang Maha Kuasa saat saya berumur enam tahun. Saya masuk SD di SD Aek Nahombar. Ntah apa yang mendasari saya rajin blajar, yang masih bisa saya ingat ialah bahwa kakak saya yang pertama sangat kejam tetapi dengan tujuan yang baik, dia selalu memaksa saya untuk belajar. Jika saya tidak mau belajar kakak saya akan menghajar aku tanpa kasihan.Akhirnya dengan paksaan tersebut saya bisa menjadi juara satu mulai kelas satu sampai kelas enam. Saat saya duduk di kelas dua SD,kakak saya yang nomordua dipanggil YMK. Sangat sedih,tapi saya hnya bisa berserah kepada yang di atas. Dan yang paling menyedihkan lagi kakak yang pertama pindah ke rumah abang saya di sidikalang. Akhirnya saya tinggal berdua dengan mama tercinta.
Hari-hari ku isi dengan menggembalakan kerbau inang siappudanku.

Senang,sedih,panas,hujan dan banyak hal lain kualami sebagai penggembala. Saat SD,saya tergolong orang keras,gak mu mengalah tapi dalam hal bertengkar. Siapapun orang yang mencoba menantang pasti kulayani walaupun kadang-kadang hidung harus sampai berdarah..hhaa Satu kelas ku hampir tunduk semua dengan aku. Dan slama SD saya slalu terpilih jadi ketua kelas (mungkin karna aku agak kejam jadi guru selalu memilih aku karna kelasku bisa kuamankan dari keributan),cuma kelas 5 saya tidak mau jadi ketua kelas ntah karna alasan apa. Sbagai ketua kelas banyak tantangan,biar teman2 saya tidak ribut ribut maka solusinya adalah sapu lidi. Tangan atau kaki teman2 ku sampai merah,tapi mereka tidak melaporkan ke orang tua mereka karna itu kesalahan mereka dan untung bukan seperti jaman sekarang,kalau sekarang kejadian itu mungkin saya uda masuk pengadilan…hhaa
Tapi satu pun diantara kawan2 ku tidak ada yang benci,eh baru ingat ternyata ada deh. Just kenangan ajalah itu. Senyum2 sendiri kalau ingat itu smua.

Hidup ku berubah saat saya kelas 4, saya mulai menyadari keadaan kluarga. Saya mencoba membantu mama tuk mencari nafkah, mulai bertani kecil-kecilan. Dan sifat keras saya pun berubah drastis menjadi lembut,suka menolong dan sadar dengan pencipta ku. Setiap hari mulai blajar tentang hidup yang benar,muali rajin berdoa, membaca alkitab dan sadar bahwa hidup ini adalah anugrah. Saya mencoba bertani dengan menanam bawang,tapi smua yang urus saya sendiri. Walaupun sedikit tapi hasilnya sangat bagus, akhirnya dari sana mulai berkembang, menanam sayur2an, jagung, kacang, kopi dan lain2nya. Hampir semua berhasil walaupun hanya dengan pupuk alami, itu membuat saya semakin dekat dengan Tuhan. Mulai dari kelas 4 SD saya sudah tergolong mandiri bisa menghasilkan uang sekolah sendiri.
Tamat SD, saya diterima dan melanjutkan sekolah di SMP N 1 Nainggolan yang jaraknya 10 km dari rumah. Jadi setiap hari saya harus menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 20 km tiap hari bersama kawan2 satu kampung. Banyak kenangan yang tidak tertuliskan, karna lapar sering mencuri diladang orang,,hhaa Bahkan sampai mencari sarang burung jalak untuk dijual biar ada uang jajan.. Sampai dirumah harus langsung keladang membantu mama. Dan dengan kerendahan hati dan menyadari bahwa semua yang terjadi adalah campur tangan Tuhan, selama SMP saya tetap bisa meraih juara satu kelas dan bisa juga bersaing di paralel.Saat SMP saya mendengar nama SMA PLUS SOPOSURUNG. Saya pengen banget masuk kesana karna di sana serba gratis, jadi klo bisa masuk kesana membantu benar. Denga kerja keras dan slalu berdoa, akhirnya saya masuk kesana. Saya sangat bersyukur kepada Allahku karna saya tau semua itu bukan karna kepintaran saya karna masih banyak orang lain yang jauh lebih dari saya, tapi saya bisa masuk, itu semua adalah anugrah semata-mata dari Bapa yang sangat baik.

Hidup diasrama YAYASAN SOPOSURUNG membuat kenangan yang sangat indah bersama kawan-kawan ANGELS. Banyak kenangan yang tidak terlupakan, kekompakan, kebersamaan atau kami sebut korsa, sedih, senang, tertawa kami lalui bersama selama 3 tahun. Rasa kekeluargaan benar2 terpupuk dan hal ini masih saya rasakan saat kuliah. Jika diingat-ingat bisa tertawa sendiri, menangis, sedih dan terharu. Mungkin semua kenangan itu tidak akan terulang lagi dan tidak bisa ditemukan dimana pun. Jadi kangen deh sama ANGELS yang uda menyebar dimana-mana di nusantara ini.

Lulus dari SMA saya diterima di UNSRI fakultas teknik jurusan teknik elektro konsentrasi TTI. Awalnya sih gak trima masuk di UNSRI, tapi akhirnya saya bisa menerimanya dengan rasa bersyukur karna saya tau Tuhan sudah atur semuanya. Awalnya ada niat mau ngulang SNMPTN tapi karna situasi dan kondisi akhirnya rencana diundur. Sekarang saya jalani menuntut ilmu di UNSRI, banyak tantangan, perjuangan, tapi saya percaya Jika Tuhan yang campur tangan semuanya pasti bisa saya jalani dengan baik.

8 Tanggapan

  1. tetap berjuang dan jangan pernah menyerah…Tuhan Yesus memberkati

  2. mauliate godang,., berkat blog anda aku semakin tau tentang adat batak,,.,

  3. horas ito,,
    par pandiangan do au ito,,
    boru nainggolan do tong
    dung hujaha blog mon ito gabe malungun mulak tu huta bah ito,,

  4. SMP 1 Nainggolan hian do ho lae, jala ditanda ho do si Jusman?

  5. horas.. nga boi di film hon perjalanan ni lae i…!! molo au par serdang bedagai do lae, ale sanga di kota batak riau, nuaeng mulak muse tu serdang bedagai…! molo au salah satu pecinta budaya batak dari jutaan masyarakat batak didunia do lae, ale dang piga dope jumpang hu angka halak batak na umboto paradatonni halak batak. molo adong opini sian halak lae ba urupi halak lae majo au.. no hp : 081260453693

  6. saudaraku lamris saya sangat terenyuh membaca cerita hidupmu dan juga bangga atas tahapn perjuanganmu di studi sebagai marga pandiangan saya minta agar tetap berjuang untuk menggapai sukses yang sudah dekat di pelupuk mata , saya berharap anda akan menjadi kader dan tokoh pandiangan dan masyarakat di masa depan karna saya lihat sorot matamu tajam dan bersih.Trima kasih. Dari gabriel sahala asi pandiangan palangka raya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: