Panorama Pusuk Buhit

Dengan ketinggian 1995  meter  dari permukaan  laut, menurut legenda gunung Pusuk Buhit merupakan  pemukiman nenek moyang orang Batak yang diturunkan dari langit oleh Mula Jadi Nabolon (Tuhan Yang Maha Esa). Nenek moyang orang Batak (Si Raja Batak adalah manusia yang pertama kali diturunkan di Pusuk Buhit) dari keturunannya menyebar ke seluruh penjuru dunia.

Karena  itu, Pusuk Buhit dianggap sebagai tempat asal mula orang Batak. Pegunungan dan panorama yang menarik menambah keindahan pemandangan. Di  kaki Pusuk Buhit  terdapat  bangun rumah tradisional  Batak. Menurut legenda terjadinya danau Toba dan Pusuk Buhit  akibat peristiwa geografis/geologis  yang disebut menjadi salah satu keajaiban dunia. Danau Toba yang terbentang dengan luas 1.265 km2, panjang 90 kilometer dengan  kedalaman rata-rata 450 meter  dan ketinggian 950 meter di atas permukaan laut. Danau Toba  merupakan danau yang terluas dan terdalam di  dunia sehingga  tampak bagai samudera air tawar tak bertepi dengan air jernih. Di atasnya terbentang dari utara  ke selatan Pulau Samosir.

Pusuk Bukit dan kawasan danau Toba (dataran tinggi Toba) menurut penelitian adalah gunung api raksasa (supervolcano) dengan tingkat letusan mencapai skala 8 VEI dan material yang  dimuntahkannya lebih dari 1.000 kilometer kubik. Supervolcano yang pernah terjadi dan diindentifikasi di muka bumi adalah Sv Toba, Indonesia dan Sv Yellowstone, Amerika.

Pakar peneliti menyebutkan, letusan supervolcano Toba pertama terjadi pada saat gunung apinya berpusat di  Porsea, kabupaten Toba Samosir yang meledak 1,7 juta tahun yang lalu dengan tingkat letusan 8 VEI dengan  memuntahkan batu-batuan gunung api dan abu panas  dengan semburan panas mencapai  1.000 derajat Celsius yang dapat melelehkan silika (SiO2). Material yang disemburkan dengan ketebalan 500 meter. Letusan berikutnya terjadi 400.000 tahun  lalu dengan kekuatan yang sama 8 VEI sehingga gunung api tersebut membentuk kaldera di kawasan Porsea.

Gunung api kedua muncul di Haranggaol dan meledak sekitar 800.000 tahun yang lalu yang membentuk kaldera Haranggaol. Sedang gunung api yang ketiga  gunung api Sibandang yang meletus dahsyat  75.000 tahun yang lalu.Letusan berikutnya 30.000 tahun yang lalu yang akhirnya membentuk letusan kepundan berupa cincin  yang keluar melalui kepundan yang melingkari Pulau Samosir sekarang. Banyaknya material yang dimuntahkan dari gunung api menimbulkan terbentuknya ruang kosong di badan  gunung api dan dengan pengaruh gaya tarik bumi, badan  gunung api tersebut runtuh begitu dalam dan terbentuklah kaldera Sibandang. Pulau Samosir adalah tubuh bagian puncak dari gunung api Sibandang yang runtuh. Kaldera Sibandang secara evolusi kemudian berisi air yang melimpah dari dataran di sekelilingnya yang akhirnya terkumpul dan terbentuklah Danau Toba.

Studi paleoantropologi menyebutkan, akibat  debu letusan terakhir gunung api Toba di Sibandang banyak spesies primata (monyet) yang mati apalagi dengan suhu semburan 500 derajat Celsius sehingga  batu bara muda di kawasan Lintongnihuta.Setelah letusan gunung api supervolcano Toba, muncul gunung api baru yaitu gunung Pusuk Buhit  Pangururan/Sianjur mulamula, kabupaten Samosir dan gunung Sipisopiso di Merek, kabupaten, Tanah Karo.

Seorang geologist Belanda Van Bemmellen menyebutkan, Pulau Samosir terbentuk dari aliran lava gunung Batak yang merupakan erupsi dari dua vulkanik terbesar, sebuah letusan vulkanik terbesar di dunia. Aliran lava membentuk Danau Toba seluas 294 km2, panjang 87 kilometer dan lebar terjauh 31 kilometer. Sedang  luas Pulau Samosir disebutkan 640 km2 dan puncak Samosir berada pada ketinggian 1.657 meter  di atas permukaan laut.Kedalaman Danau Toba di kawasan Haranggaol, kabupaten Simalungun adalah 525 meter.
Keunikan dan keotentikan supervolcano Toba dapat dijadikan sebagai objek penelitian ilmiah dan menjadi geopark di kawasan Asia mendampingi geopark Langkawi, Malaysia. Dengan latar belakang sejarah purbakala orang Batak dan hasil penelitian geologi yang menyebutkan kawasan Danau Toba sebagai kaldera letusan gunung api,  Pusuk Buhit  layak dan strategis untuk dijadikan sebagai icon pariwisata kabupaten Samosir

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: